CAPACITY CARRIER ANALYSIS OF THE REGION IN LARGE AND MEDIUM INDUSTRIES DEVELOPMENT (Case Study The whole subdistrict in Sidoarjo)

Arief Zuchrizal Madjid, Dwi Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan wilayah dengan potensi daya dukung tinggi dalam pengembangan industri dan mengetahui pengaruh daya dukung wilayah terhadap pertumbuhan industri pada setiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Untuk menganalisis potensi daya dukung yang ada disetiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo menggunakan alat analisis skoring interval, sedangkan untuk menganalisis pembagian kelompok wilayah berdasarkan tinggi-rendahnya daya dukung wilayah, maka menggunakan alat analisis skoring batas nilai atas dan batas nilai bawah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah yang memiliki potensi untuk pengembangan lokasi industri berdasarkan daya dukung wilayah tertinggi adalah Kecamatan Waru, Kecamatan Taman, Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Krian, dan Kecamatan Gedangan. Serta, faktor daya dukung wilayah yang dapat mempengaruhi pertumbuhan industri pada suatu wilayah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo adalah ketersediaan sumber daya manusia, daya dukung lahan peruntukkan industri, daya dukung aksessibilitas jalan arteri primer dan kolektor primer.

Hal tersebut tentunya memberikan pengarahan pengembangan ruang untuk memacu pertumbuhan industri di Kabupaten Sidoarjo serta memperbaiki dan memanfaatkan sumber-sumber yang menjadi pemicu ketertarikan investor dalam menanamkam modalnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci : Kabupaten Sidoarjo, skoring interval, dan skoring batas nilai atas dan bawah nilai bawah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.