PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN iPhone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya)
Abstract
Penelitian ini mencari pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian iPhone di Universitas Brawijaya. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara parsial dan simultan. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 120 responden yang seluruhnya merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, uji asumsi multikolinearitas, uji asumsi heteroskedastisitas, dan uji asumsi linearitas. Selain itu juga digunakan uji regresi linier berganda,dan uji hipotesis yaitu uji F, uji t, dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian, sedangkan kalompok referensi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup merupakan variabel yang paling dominan dalam keputusan pembelian iPhone di Universitas Brawijaya.
Keywords : Lifestyle, Reference Group, Purchase Decision Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.