Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-commerce

Krisnu Putra Yutadi, Lutfi Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam penggunaan e-commerce dengan menggunakan model  Technology Acceptance Model  (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989.  Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) yang telah mengetahui transaksi  e-commerce. Sebanyak 242 data mahasiswa yang telah menggunakan  e-commerce  diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa minat penggunaan  e-commerce  dipengaruhi secara positif oleh konstruk persepsi privasi, konstruk persepsi kepercayaan, konstruk persepsi risiko, konstruk persepsi kegunaan, dan konstruk persepsi kemudahan. Sedangkan konstruk persepsi keamanan tidak memberikan pengaruh positif terhadap minat penggunaan  e-commerce. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen dan analis sistem  e-commerce  agar memperhatikan kembali faktor persepsi privasi, persepsi kepercayaan, persepsi risiko, persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan dalam penerapan dan mengembangkan sistem transaksi  e-commerce.

Kata Kunci: persepsi privasi, persepsi keamanan, persepsi kepercayaan, persepsi risiko, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, minat , e-commerce.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.