PENERAPAN WHITE OCEAN STRATEGY DAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015 (Studi Kasus pada “SHONIC SHOES” Malang)

Haleyla Messiah Radia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, misi, dan kondisi lingkungan, penerapan  white  ocean strategy  dan  blue  ocean strategy, serta bagaimana penerapan kedua strategi tersebut mampu  digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan MEA 2015.  Obyek penelitian  adalah  Shonic Shoes  yang  merupakan  usaha kecil. Adapun tantangan-tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang akan dihadapi oleh usaha kecil adalah: (1) meningkatkan kualitas dan standar produk; (2) meningkatkan akses finansial; (3) meningkatkan kualitas SDM dan jiwa kewirausahaan; (4) memperkuat dan meningkatkan akses dan transfer teknologi untuk pengembangan UMKM inovatif; dan (5) meningkatkan akses informasi dan promosi di luar negeri. Dengan penerapan BOS dan WOS, Shonic Shoes telah menjawab tiga dari lima tantangan tersebut.

Kata kunci:  White  Ocean Strategy,  Blue  Ocean Strategy,  Usaha Kecil, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, Shonic Shoes.  ABSTRACT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.