PENERAPAN WHITE OCEAN STRATEGY DAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015 (Studi Kasus pada “SHONIC SHOES” Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, misi, dan kondisi lingkungan, penerapan white ocean strategy dan blue ocean strategy, serta bagaimana penerapan kedua strategi tersebut mampu digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan MEA 2015. Obyek penelitian adalah Shonic Shoes yang merupakan usaha kecil. Adapun tantangan-tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang akan dihadapi oleh usaha kecil adalah: (1) meningkatkan kualitas dan standar produk; (2) meningkatkan akses finansial; (3) meningkatkan kualitas SDM dan jiwa kewirausahaan; (4) memperkuat dan meningkatkan akses dan transfer teknologi untuk pengembangan UMKM inovatif; dan (5) meningkatkan akses informasi dan promosi di luar negeri. Dengan penerapan BOS dan WOS, Shonic Shoes telah menjawab tiga dari lima tantangan tersebut.
Kata kunci: White Ocean Strategy, Blue Ocean Strategy, Usaha Kecil, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, Shonic Shoes. ABSTRACT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.