PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEMASAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAOS FUTSAL INDONESIA JERSEY MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kemasan, dan citra merek terhadap kepurusan pembelian kaos futsal Indonesia Jersey Malang, baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari konsumen Indonesia Jersey yang pernah melakukan pembelian produk kaos futsal. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan diatas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F maka dapat disimpulkan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk, kemasan, dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) masing-masing, maka dapat diketahui variabel kualitas produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kaos futsal Indonesia Jersey Malang.
Kata kunci : Kualitas produk, Kemasan, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.