Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh minat individu dalam menggunakan mobile banking syariah dengan menggunakan modifikasi model Theory Acceptance Model yang dikembangkan Davis tahun 1989.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memiliki responden sebanyak 61 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan mobile banking perbankan syariah. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap sikap penggunaan dan sikap berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking syariah. Sebaliknya, kepercayaan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan mobile banking syariah. Hal ini berarti bahwa minat menggunakan mobile banking syariah dipengaruhi oleh sikap dan sikap dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan. Penelitian ini relevan untuk bank syariah untuk memfokuskan kembali faktor persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan pada layanan mobile banking syariah.
Kata Kunci : Technology Acceptance Model, Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Minat,Sikap, Mobile Banking Syariah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.