Minat Keperilakuan Individu Menggunakan Sistem Online Shopping:Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior

Betha Kharisma Dewi, Zaki Baridwan

Abstract


Situskomersial memberikanlayanan baru bagi konsumen untuk berbelanjaprodukjasa melalui sistemonline shopping.Sitem belanjavia  internetinisemakin diminatioleh konsumenkarena memberikanbanyak manfaat dan kemudahan.Penelitian inibertujuan untukmengujifaktor-faktoryangmempengaruhi sikap,  norma subjektif,  danminatuntuk menggunakanlayanan  online shopping  denganmemodifikasikanmodelTechnology Acceptance Model(TAM)oleh Davis(1989)  danTheory of Planned Behavior(TPB) olehAjzen(1991)  sebagaipenggabunganduamodelyangdigunakanolehLin(2007) danBhattacherjee(2000).Penelitian inimenggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak187 mahasiswaAkuntansiFEB universitasBrawijaya  yangpernahmenggunakanlayanan  online shopping.Peneliti  menggunakanteknik regresi linier bergandauntuk menganalisis datadenganmenggunakansoftware SmartPLS(Partial Least Square). Hasil penelitianinijurusanmenunjukkan bahwakonstruk sikap  dan norma subjektifberpengaruhpositifterhadapminat menggunakansistem  online shopping. Implikasidaripenelitianini relevan bagidesainer sistem dan penyedia layanan  online shopping.Bagi  pihakdesainer sistem agar lebih memperhatikan persepsikegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan dalam menciptakan sistembelanja onlineyangbermanfaat danmudah dipahami oleh konsumen.Bagi penyedialayanan online shopping  agarlebih memperhatikanpengaruhinterpersonaldanpengaruheksternaldalammempromosikanlayananan online shopping kepadakonsumennya.

Katakunci :Technology Acceptance Model(TAM),Theory of Planned Behavior(TPB),online shopping,minatkeperilakuan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.