Minat Keperilakuan Individu Menggunakan Sistem Online Shopping:Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior
Abstract
Situskomersial memberikanlayanan baru bagi konsumen untuk berbelanjaprodukjasa melalui sistemonline shopping.Sitem belanjavia internetinisemakin diminatioleh konsumenkarena memberikanbanyak manfaat dan kemudahan.Penelitian inibertujuan untukmengujifaktor-faktoryangmempengaruhi sikap, norma subjektif, danminatuntuk menggunakanlayanan online shopping denganmemodifikasikanmodelTechnology Acceptance Model(TAM)oleh Davis(1989) danTheory of Planned Behavior(TPB) olehAjzen(1991) sebagaipenggabunganduamodelyangdigunakanolehLin(2007) danBhattacherjee(2000).Penelitian inimenggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak187 mahasiswaAkuntansiFEB universitasBrawijaya yangpernahmenggunakanlayanan online shopping.Peneliti menggunakanteknik regresi linier bergandauntuk menganalisis datadenganmenggunakansoftware SmartPLS(Partial Least Square). Hasil penelitianinijurusanmenunjukkan bahwakonstruk sikap dan norma subjektifberpengaruhpositifterhadapminat menggunakansistem online shopping. Implikasidaripenelitianini relevan bagidesainer sistem dan penyedia layanan online shopping.Bagi pihakdesainer sistem agar lebih memperhatikan persepsikegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan dalam menciptakan sistembelanja onlineyangbermanfaat danmudah dipahami oleh konsumen.Bagi penyedialayanan online shopping agarlebih memperhatikanpengaruhinterpersonaldanpengaruheksternaldalammempromosikanlayananan online shopping kepadakonsumennya.
Katakunci :Technology Acceptance Model(TAM),Theory of Planned Behavior(TPB),online shopping,minatkeperilakuan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.