STUDI KOMPARASI BIAYA TRANSAKSI PADA PERDAGANGAN ONLINE DAN OFFLINE (STUDI KASUS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MALANG)

Miftah Faris

Abstract


Pemasaran produk adalah salah satu hal cukup penting dalam bersaing di era globalisasi ekonomi yang mana perdagangan lebih kompetitif dan hal ini membuat UMKM dituntut untuk dapat bersaing dengan  perusahaan besar dan produk  asing.  Strategi pemasaran pada umumnya adalah perdagangan offline, namun saat ini adanya pemasaran yang menggunakan teknologi dan internet atau bisa disebut pemasaran modern atau online. Penelitian ini membandingkan salah satu faktor ekonomi kelembagaan yaitu biaya transaksi (ex-ante cost `dan ex-post cost) antara perdagangan online dan offline dengan uji beda independent sample t-test dan sampel yang diteliti berjumlah 25 responden.  Tujuan dari  penelitian ini yaitu  untuk melihat  tingkat efisiensi secara relatif  antara perdagangan online dan offline yang dilihat dari besaran biaya transaksi yang dikeluarkan. Setelah dilakukan  serangkaian  uji perbedaan perdagangan offline  dan perdagangan online memiliki kesamaan atau bersifat homogen yang berarti tidak memiliki perbedaan yang signifikan diantara keduanya.  Namun, jika dilihat dari setiap rata-rata variabelnya,  biaya negosiasi,  biaya administrasi, biaya salah adaptasi dan biaya pengiriman  perdagangan offline lebih efisien dibandingkan dengan online dan hanya  biaya pengelolaan iklan, perdagangan online dinilai lebih efisien dibandingkan dengan perdagangan offline.

Kata kunci:  Biaya Transaksi, Ex-ante Cost,  Ex-post Cost,  Rasionalitas Terbatas, Perilaku Oportunistik, Perdagangan, Pemasaran, Online Shop, UMKM .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.