EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RADIO ORYZA FM KOTA MALANG

Frontama Katon Firmayoga, Drs. H. Subiyanto, MM

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan  dan penerapan  strategi pemasaran yang dilakukan Radio Oryza FM Kota Malang kemudian mengevaluasi strategi pemasaran yang telah digunakan oleh Radio Oryza FM tersebut. Penelitian ini menjelaskan  strategi pemasaran, definisi radio komunitas, program siaran radio, manajemen radio dan efektifitas pemasaran radio. Pembahasan bertujuan untuk dapat mengetahui komponen evaluasi strategi pemasaran Radio oryz FM. Penelitian ini  termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif. Informan pada penelitian ini  sebanyak 16  orang.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik  snowball sampling.  Untuk memperoleh data menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara meyebar kuisioner, melakukan wawancara, melakukan observasi lapangan dan dokumentasi. Untuk menganalisis data langkah yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis pengecekan yang digunakan dalam menguji instrumen penelitian adalah pengecekan keabsahan temuan, pengecekan kredibilitas, pengecekan transferabilitas, pengecekan dependenbilitas, dan pengecekan konfirmabilitas. Dari hasil analisis terlihat  bahwa Radio Oryza FM  belum dapat mengkomunikasikan  program dan  brandnya  secara sempurna, dapat disimpulkan bahwa strategi  pemasaran  yang selama  ini dijalankan oleh Radio Oryza FM  untuk mengomunikasikan  nilai Radio Oryza FM sebagai radio komunitas kampus yang dapat mewakili adanya media informasi dan komunikasi kampus Universitas Brawijaya ternyata masih kurang efektif.

Kata kunci :  Strategi Pemasaran, Radio Komunitas, Program Siaran,
Manajemen Radio


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.