EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RADIO ORYZA FM KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan dan penerapan strategi pemasaran yang dilakukan Radio Oryza FM Kota Malang kemudian mengevaluasi strategi pemasaran yang telah digunakan oleh Radio Oryza FM tersebut. Penelitian ini menjelaskan strategi pemasaran, definisi radio komunitas, program siaran radio, manajemen radio dan efektifitas pemasaran radio. Pembahasan bertujuan untuk dapat mengetahui komponen evaluasi strategi pemasaran Radio oryz FM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini sebanyak 16 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Untuk memperoleh data menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara meyebar kuisioner, melakukan wawancara, melakukan observasi lapangan dan dokumentasi. Untuk menganalisis data langkah yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis pengecekan yang digunakan dalam menguji instrumen penelitian adalah pengecekan keabsahan temuan, pengecekan kredibilitas, pengecekan transferabilitas, pengecekan dependenbilitas, dan pengecekan konfirmabilitas. Dari hasil analisis terlihat bahwa Radio Oryza FM belum dapat mengkomunikasikan program dan brandnya secara sempurna, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang selama ini dijalankan oleh Radio Oryza FM untuk mengomunikasikan nilai Radio Oryza FM sebagai radio komunitas kampus yang dapat mewakili adanya media informasi dan komunikasi kampus Universitas Brawijaya ternyata masih kurang efektif.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Radio Komunitas, Program Siaran,
Manajemen Radio
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.