Analisis Pengaruh Suku Bunga dan Pemberian Kredit terhadap Perkembangan Unit, Tenaga Kerja dan Omzet UMKM

Noor Muhammad Jihad

Abstract


Disemua Negara, UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam memberikan kontribusi perekonomian negara. Dibalik besarnya kontribusi yang dihasilkan oleh UMKM, tersimpang berbagai permasalah, salah satunya adalah masalah permodalan. Permodalan UMKM terbesar adalah dari pemberian bank, tetapi pembebanan suku bunga yang tinggi dan diikuti lamanya maupun jumlah pemberian kredit menjadi permasalahan pihak UMKM dalam peminjaman kredit tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suku bunga dan pemberian kredit terhadap Perkembangan unit, tenaga kerja dan omzet UMKM. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan dengan periode penelitian dari tahun 2000-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan tujuan dapat mengetahui secara real/nyata setiap permasalahan UMKM, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh baik dari BPS, Dinas Koperasi dan UMKM maupun dari instansi lainnya. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji statistik, dalam uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi, sedangkan uji statistik terdiri dari uji F, uji t dan uji R2.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel independen yaitu pemberian kredit Secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu unit, tenaga kerja dan omzet UMKM. Sedangkan, variabel independen yaitu suku bunga memiliki pengaruh signifikan terhadap unit dan tenaga kerja.

Kata Kunci : Unit UMKM, Suku Bunga, Pemberian Kredit, Tenaga Kerja, Omzet.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.