Analisis Lokasi Pada Usaha Menengah Pasar Malam Keliling di Malang Raya

Ari Pratiwi, Sri Palupi Prabandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemilihan lokasi terhadap kesuksesan usaha pada UKM pasar malam keliling di Malang Raya. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi langsung, wawancara, dan  dengan memberikan kuesioner kepada para pemilik usaha UKM pasar malam keliling di Malang Raya. Penarikan sampel menggunakan metode  teknik sampling jenuh dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedekatan dengan infrastruktur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha. Sedangkan dua variabel lain yaitu lingkungan bisnis, dan biaya lokasi tidak berpengaruh terhadapa kesuksesan usaha. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar  44.4%. Hasil uji F menunjukkan variabel independen secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Dari  ketiga variabel independen kedekatan dengan infrastruktur merupakan variabel yang memiliki pengaruh dibandingkan kedua variabel yang lainnya. Oleh karena itu, dalam pemilihan lokasi usahanya pemilik usaha sebaiknya lebih memperhatikan pada infrastruktur yang tersedia di lokasi yang akan  ditempati demi kenyamanan karyawan dan pengunjung. Hasil analisis ini menunjukkan perumusan strategi yang mengacu pada strategi kepemimpinan biaya menyeluruh.

Kata kunci : Pemilihan lokasi, Kesuksesan usaha, Usaha jasa UKM Pasar Malam Keliling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.