Pengaruh Servicescape dan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fitness Center di Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape dan efektivitas komunikasi interpersonal karyawan terhadap kepuasan pelanggan fitness center di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 310 responden yang diambil dari populasi pelanggan fitness center di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan roscoe. Alat uji yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji F. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji F ditemukan bahwa variabel servicescape dan efektivitas komunikasi interpersonal berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian berdasarkan hasil uji t ditemukan bahwa variabel servicescape dan efektivitas komunikasi interpersonal berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Sementara berdasarkan koefisien standardized β ditemukan bahwa variabel efektivitas komunikasi interpersonal secara dominan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,631.
Kata kunci: Servicescape, Efektivitas Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.