Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang

Januar Dwi Budi, Sudjat no

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan analisis  five force framework  (kerangka  lima kekuatan industri),  value chain  (rantai nilai) dan generic  strategy  sebagai langkah strategik perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing. Langkah pertama dalam perumusan strategi keunggulan adalah dengan melakukan analisis struktur industri untuk mengetahui sejauh mana kondisi persaingan di dalam sebuah industri. Setelah di dapat mengenai lingkungan industri (eksternal), maka selanjutnya di lakukan analisis internal perusahaan dengan menggunakan alat analisis rantai nilai. Dari hasil analisis rantai nilai di ketuhai bahwa potensi keunggulan bersaing perusahaan berasal dari operasi (penyediaan infrastruktur Telkom Speedy). Langkah selanjutnya adalah menentukan strategi keunggulan bersaing perusahaan dalam bentuk strategi generik yang di kemukakan oleh Porter, hasil kesesuaian dari penentuan strategi generik Telkom Witel Jatim Selatan adalah strategi diferensiasi.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Struktur Industri, Rantai Nilai, Strategi Generik, Keunggulan Bersaing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.