Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan analisis five force framework (kerangka lima kekuatan industri), value chain (rantai nilai) dan generic strategy sebagai langkah strategik perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing. Langkah pertama dalam perumusan strategi keunggulan adalah dengan melakukan analisis struktur industri untuk mengetahui sejauh mana kondisi persaingan di dalam sebuah industri. Setelah di dapat mengenai lingkungan industri (eksternal), maka selanjutnya di lakukan analisis internal perusahaan dengan menggunakan alat analisis rantai nilai. Dari hasil analisis rantai nilai di ketuhai bahwa potensi keunggulan bersaing perusahaan berasal dari operasi (penyediaan infrastruktur Telkom Speedy). Langkah selanjutnya adalah menentukan strategi keunggulan bersaing perusahaan dalam bentuk strategi generik yang di kemukakan oleh Porter, hasil kesesuaian dari penentuan strategi generik Telkom Witel Jatim Selatan adalah strategi diferensiasi.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Struktur Industri, Rantai Nilai, Strategi Generik, Keunggulan Bersaing
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.