INOVASI BUAH MANGROVE SEBAGAI SARANA MENCIPTAKAN PRODUK UNGGULAN YANG MEMILIKI DAYA SAING

Arianto Rachman Prawiro, Rofi aty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah yang melatar belakangi munculnya inovasi produk pada Kelompok Tani Lestari Indah sehingga inovasi produk tersebut dapat menjadi keunggulan bersaing dalam menghadapi persaingan bisnis.

Metode penelitian ini adalah case study yaitu dengan mengambil beberapa elemen di Kelompok Tani Lestari Indah melalui dokumentasi, komunikasi wawancara mendalam atau in-dept interview, serta tijauan pustaka yang kemudian masing-masing elemen di selidiki lebih mendalam, detail, intensif, dan menyeluruh sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana inovasi dilakukan. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui bagaimana inovasi produk dilakukan.

Hasil penelitian ini menujukan bahwa inovasi produk yang dilakukan oleh Kelompok Tani Lestari Indah menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan yang ada saat ini, dimana inovasi produk Kelompok tani Lestari Indah memiliki daya Tarik yaitu kesan kualitas atau perceived quality yang terdapat didalamnya. Hal ini juga menjadi acuan untuk Kelompok Tani Lestari Indah agar konsisten dalam melakukan pengembangan produk. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa inovasi produk Mangrove Kelompok Tani Lestari Indah akan mendoraong tercapainya keunggulan bersaing dalam persaingan yang ada saat ini.

Kata Kunci :Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Pengembangan Produk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.