PENILAIAN KINERJA KOPERASI WANITA “INTAN PERMATA” DESA PANDANAJENG TUMPANG BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KOPERASI DAN UKM NO.14/PER/M.KUKM./XII/2009 (PERIODE 2011-2013)

Annisa Kartikasari, Juni Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Koperasi Wanita “Intan Permata” Desa Pandanajeng Tumpang selama tahun 2011-2013. Untuk mengetahui keadaan kinerja koperasi ini, digunakan alat penilaian kinerja yang berpedoman pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No. 14/Per/M.KUKM/XII/2009 dimana penilaiannya didasarkan pada tujuah aspek yaitu aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan serta aspek jatidiri koperasi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan keadaan kesehatan Kinerja Koperasi Wanita “Intan Permata” Desa Pandanajeng Tumpang dengan menggunakan laporan neraca dan laporan Sisa Hasil Usaha koperasi sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi dan wawancara, sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rasio-rasio yang terdapat pada ketujuh aspek yang telah disebutkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Koperasi Wanita “Intan Permata” Desa Pandanajeng Tumpang selama tahun 2011-2013 memperoleh predikat “SEHAT”. Dari ketujuah spek yang telah dinilai, aspek kualitas aktiva produktif, aspek efisiensi, aspek kemandirian dan pertumbuhan serta aspek jatidiri koperasi merupakan aspek yang paling berperan dan berkinerja baik dibandingkan aspek-aspek lainnya dengan perolehan skor sempurna setiap tahunnya.

Kata Kunci: Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif, Efisiensi, Manajemen, Likuiditas, Kemandirian dan Pertumbuhan, Jatidiri Koperasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.