Analisis Pengaruh Permodalan, Liquiditas, Efisiensi dan Kualitas Aktiva Terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus Pada Bank Pembangunan Daerah di Pulau Jawa Tahun 2009-2014)

Surya Devi Pranata, Al Muizzudin Fasollah

Abstract


Bank diartikan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (Undang-undang No. 10 tahun 1998). seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari bank itu ialah sebagai lembaga intermediasi bagi pihak yang kekurangan dana dengan pihak yang kelebihan dana sebagai sarana pembangunan ekonomi, yang berarti bank memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian suatu Negara, laba menjadi sangat penting karena sebagai lembaga intermediasi bank mempunyai peranan sebagai jalur pembiayaan, penyimpanan dan peminjaman sehingga pada akhirnya mensejahterakan kehidupan masyarakat, dalam menjaga fungsi tersebut dapat berjalan dengan lancar maka sebuah bank harus dapat menjaga kelangsungan kegiatan operasionalnya yaitu dengan cara menghasilkan laba yang tinggi.Keadaan yang di temui profitabilitas (ROA) yang dimiliki bank pembangunan daerah pada kurun waktu 2014 memiliki fluktuasi dengan trend yang menurun namun pada sisi laba terdapat fluktuasi dengan trend yang meningkat, ROA sendiri merupakan alat ukur efektifitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan aktiva yang dimiliki dalam kasus ini terjadi kebalikan dimana laba meningkat dibuntuti dengan penurunan rasio ROA, hal ini menunjukan bahwa laba bukanlah satu-satunya yang membentuk profitabilitas namun ada faktor lain yang mempengaruhi profitabilitas bank.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini meliputi lima bank BPD yang berada di Pulau Jawa. Variabel dependent dalam penelitian ini berupa ROA, sedangkan variabel independent  berupa CAR, LDR,BOPO,dan NPL Data yang digunakan adalah data sekunder dengan periode penelitian tahun 2009 hingga 2014 . Metode pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan metode Regresi Data panel. Software yang digunakan untuk mengelola adalah eviews

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa variabel CAR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel ROA, selanjutnya antara variabel CAR dan ROA mempunyai mempunyai pengaruh yang positif. Sedangkan pada hasil bahwa variabel LDR mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel ROA, selain itu antara variabel LDR dan ROA mempunyai mempunyai pengaruh negative. Berdasarkan pembahasan didapatkan hasil bahwa variabel BOPO mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel ROA, selanjutnya antara variabel BOPO dan ROA mempunyai mempunyai pengaruh yang negatif. Berdasarkan pembahasan didapatkan hasil bahwa variabel NPL mempunyai pengaruh yang  tidak signifikan terhadap variabel ROA, selanjutnya antara variabel NPL dan ROA mempunyai mempunyai pengaruh yang negatif.

Keywords:   Profitabilitas, Permodalan, Likuiditas, Efisiensi, Kualitas Aktiva, ROA, CAR, LDR,     BOPO, dan NPL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.