PENERAPAN MARKETING 3.0 PADA PT. OTTO NUSANTARA ENERGY

Tafi’a Bardin, Rofi aty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep marketing 3.0
terhadap kualitas pelayanan pada PT. Otto Nusantara Energy. Dalam hal ini PT. Otto Nusantara Energy (ONE) adalah perusahaan swasta di bidang energi, khususnya dalam pemanfaatan Compresed Natural Gas (CNG), dan Operation, Maintenance Gas Plant, Generator Plant dan Engine Replacement yang sudah menerapkan marketing 3.0 sejak awal berdirinya perusahaan. Dalam marketing 3.0 perusahaan harus melihat konsumen sebagai
manusia seutuhnya. Kekuasaan ada di tangan konsumen, tetapi sayangnya tidak semua perusahaan memiliki akses langsung ke konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan mitra yang tepat agar dapat mendistribusikan produk ke pasar dan ke konsumen. Alasan peneliti mengambil tema penelitian ini adalah untuk mengetahui Antara konsep dan fakta marketing 3.0 di dalam perusahaan PT. Otto Nusantara Energy.Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi secara langsung, wawancara, dan dengan memberikan kuisioner kepada para pelanggan dan karyawan PT Otto Nusantara Energy. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Fenomenologi. Fokusnya adalah mengetahui penyebab dan menggali persepsi melalui pengalaman informan hingga jajaran Direksi khususnya bagian pemasaran dalam kaitannya dengan penerapan konsep marketing 3.0 pada PT. Otto Nusantara Energy. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini melalui analisis data hasil wawancara serta
observasi. Kemudian dilakukan uji konfirmatibilitas untuk menguji kebasahan data yang disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian sudah ditemukan suatu keunggulan tersendiri mengenai konsep marketing yang digunakan dalam perusahaan dimana konsep yang digunakan
perusahaan adalah konsep yang berbeda dengan konsep lainnya. Konsep pemasaran menggunakan marketing 3.0 sangat relevan bagi perusahan dengan menerapkan 10 kredo dalam pelaksanaannya. Meskipun masih ada beberapa kendala saat pelaksanaan konsep, konsep ini dianggap sebagai konsep yang terbaik di PT. Otto Nusantara Energy dalam bidang pemasaran. Hal ini dikarenakan Konsep Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat membuat pelanggan merasa puas karena adanya respek atau tanggapan yang cepat dari beberapa sales atau tim yang bertugas. Hal ini mampu membuat para konsumen atau pelanggan dapat bertahan sebagai konsumen tetap yang menggunakan produk CNG di setiap bulannya. Sehingga mampu disimpulkan bahwa konsep marketing 3.0 sudah diterapkan baik oleh perusahaan.Sesuai hasil dari penelitian, maka disarankan kepada pihak perusahaan untuk mempertahankan keunggulan bersaing yang dimiliki oleh produk CNG sebagai produk unggulan serta berusaha mengatasi kelemaha-kelemahan yang dimiliki, sehingga mampu
terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan akan dipasarkan.
Kata Kunci : Marketing 3.0, PT. Otto Nusantara Energy, Produk CNG

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.