PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MINIMARKET ALFAMART DI MALANG

Ivane Eka Chriesmaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial atas gaya hidup yang terdiri dari tiga variabel, yaitu : (1) Activity, (2) Interest, (3) Opinion terhadap keputusan konsumen dalam memilih Minimarket Alfamart sebagai tempat berbelanja di Kota Malang. Penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh tiga variabel bebas yaitu activity, interest, opinion terhadap keputusan konsumen dalam memilih Minimarket Alfamart sebagai tempat berbelanja di Kota Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 41 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan dalam menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji Fhitung dan Thitung. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikolenieritas. Dari hasil analisis terlihat bahwa ketiga variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Minimarket Alfamart sebagai tempat berbelanja di Kota Malang. Sedangkan secara parsial variabel activity dan opinion berpengaruh secara signifikan, dan hanya variabel interest yang tidak berpengaruh secara siginifkan. Variabel activity adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Minimarket Alfamart sebagai tempat berbelanja di Kota Malang.

 

Kata kunci : Gaya Hidup, Keputusan Konsumen, Minimarket Alfamart

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.