Efektifitas Iklan Media Televisi Djarum Super My Great Adventure Menggunakan EPIC Model Pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Jimy Satriya, Subianto , SE.,MM.

Abstract


Penelitian iklan televisi Djarum Super “My great adventure” dengan menggunakan EPIC model pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas iklan terhadap minat pembelian.

Penelitian dengan mengambil populasi dan sampel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini adalah termasuk dalam jenis penelitian survey dengan alat pengumpulan data utama berupa kuesioner. Lembar kuesioner sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu : profil/ demografi responden, dan pernyataan-pernyataan responden mengenai dimensi-dimensi EPIC, yaitu meliputi dimensi Empathy, dimensi Persuasion, dimensi Impact, dan dimensi Communication.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa metode EPIC terhadap iklan tv Djarum Super “My Great Adventure” adalah penghitungan dimensi empathy mendapatkan penilaian Sangat efektif. Dalam penghitungan dimensi persuasi mendapatkan penilaian efektif. Dimensi impact (dampak) sebagai parameter product knowledge mendapatkan penilaiani efektif. Dan untuk dimensi komunikasi diperoleh hasil penilaian efektif. bahwa dari keempat dimensi EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication) iklan televisi rokok Djarum Super My Great Adventure yang lebih menonjol atau sangat efektif adalah dimensi Empathy (empati) dibandingkan 3 (tiga) dimensi yang lain.

Hal itu menunjukkan bahwa responden menyukai, dengan menyatakan kesukaannya terhadap iklan Djarum Super My Great Adventure tersebut dan merasa bahwa iklan itu sudah baik bagi dan mudah diingat oleh penonton (responden).   EPIC rate secara keseluruhan memiliki penilaian positif yang berarti bahwa iklan televisi rokok Djarum Super My Great Adventure adalah berada dalam skala efektif tetapi memiliki kinerja yang belum maksimal (skala 5).

 

Kata kunci: Empathy, Persuasion, Impact, and Communication (EPIC)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.