ANALISIS PELAKSANAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR)
Abstract
Penelitian berjenis deskriptif kualitatif ini mempunyai beberapa tujuan yang di antaranya adalah mengetahui bentuk – bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh bank syariah pemenang penghargaan Corporate Image Award 2012, melihat luas pengungkapannya berdasarkan indeks ISR (Islamic Social Reporting), dan perkembangan tingkat pengungkapannya secara year on year. Salah satu yang menjadi perhatian adalah semua bank sampel dalam penelitian ini ternyata memakai pedoman pengungkapan berbasis konvensional, sehingga hasil penelitian pun membuktikan jika bank sampel tidak ada yang mampu mencapai tingkat pengungkapan secara penuh 100% berdasarkan indeks ISR.
Hasil penelitian menunjukkan pula rata – rata pengungkapan semua perusahaan sampel pada 2 periode laporan tahunan 2012 dan 2013 adalah sebesar 57%, dengan kenaikan presentase total pengungkapan sebesar 2,2% secara year on year. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bidang – bidang yang menjadi fokus keempat perusahaan sampel dalam program CSR adalah pemberdayaan ekonomi, pengembangan sosial masyarakat, serta lingkungan dan kesehatan. Adapun bidang lainnya yang bukan menjadi fokus dari program CSR tersebut adalah pendidikan, ketenagakerjaan, dan konsumen.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Pelaksanaan, Pengungkapan, Perbankan Syariah, Islamic Social Reporting
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.