PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPASI YANG DITERAPKAN DALAM PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PG. KEBON AGUNG MALANG

Arul Fida Irawan, Dodi Wirawan

Abstract


Dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan dibutuhkan pola kepemimpinan yang tepat. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok anggota agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Gaya   kepemimpinan   partisipasi   merupakan   gaya   kepemimpinan   dimana pemimpin yang tinggi dalam memberi dukungan dan rendah dalam pemberian pengarahan kepada karyawan serta pemecahan masalah dan pembuatan keputusan dipegang secara bergantian. Dalam gaya kepemimpinan ini, antara pemimpin dan bawahan saling tukar menukar ide dalam pemecahan masalah dan pembuatan keputusan. Pemimpin memberikan memotivasi kepada bawahannya, agar merasa ikut memiliki perusahaan.

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  dan   menjelaskan  pengaruh variabel Tinggi Dukungan Rendah Pengarahan, Partisipasi Bawahan, dan Kepemimpinan Dilakukan dengan Cara Persuasif secara simultan dan parsial terhadap Kinerja Karyawan Pada PG. Kebon Agung Malang serta untuk mengetahui dimensi Gaya Kepemimpinan Partisipasi {Tinggi Dukungan Rendah Pengarahan, Partisipasi Bawahan, dan Kepemimpinan Dilakukan dengan Cara Persuasif},  yang  mempunyai  pengaruh  dominan  Terhadap  Kinerja  Karyawan Pada PG. Kebon Agung Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PG. Kebon Agung Malang yaitu sebesar 330 karyawan, dan  sampel  dengan rumus  Slovin ditetapkan sebesar 77 responden dengan teknik proposional simple random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder adalah sejarah perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan apabila variabel bebas Tinggi Dukungan Rendah Pengarahan, Partisipasi Bawahan, dan Kepemimpinan Dilakukan dengan Cara Persuasif secara bersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dengan variabel terikat berupa Kinerja Karyawan PG. Kebon Agung Malang. Variabel Kepemimpinan Dilakukan dengan Cara Persuasif merupakan variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel terikat Kinerja Karyawan PG. Kebon Agung Malang, karena variabel Kepemimpinan Dilakukan dengan Cara Persuasif  memiliki nilai koefisien regresi terbesar (0,543) dibandingkan nilai koefisien regresi variabel bebas yang lain.

 

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Partisipasi, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.