PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK (TRUST IN A BRAND) TERHADAP LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PADA PENGGUNA SIM CARD MEREK IM3 (STUDI PADA MAHASISWA STRATA-1 UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

M. Jeffry Fajar Putra

Abstract


Munculnya banyak operator  seluler di Indonesia membuat persaingan antar operator semakin ketat. Operator-operator tersebut semakin memperbaiki kualitas untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru. Penelitian ini membahas tentang  kepercayaan merek IM3 yang diukur dengan tiga faktor yaitu, Brand Characteristic, Company Characteristic, dan Consumer-Brand Characteristic yang merupakan faktor pembentuk loyalitas merek.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor Brand Characteristic, Company Characteristic, dan Consumer-Brand Characteristic terhadap Loyalitas Merek SIM Card merek IM3. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Universitas Brawijaya karena Universitas Brawijaya mempunyai mahasiswa terbayak dibanding dua PTN lain di Kota Malang. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya pengguna IM3. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa Universitas Brawijaya pengguna SIM Card IM3 dengan syarat pengguna IM3 yang menggunakan IM3 minimal 6 bulan dan pengguna IM3 yang membeli sendiri pulsanya. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Probability Sampling. Dari tiap-tiap fakultas di Universitas Brawijaya diambil minimal satu responden sebagai sampel untuk mewakili pengguna IM3 yang lain di fakultasnya. Total sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisi data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.