PENGARUH DETERMINAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGES YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA)

Indah Rachma Putri, Siti Aisjah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui pengaruh determinan struktur modal yang terdiri dari growth, tax rate, tangibility dan profitabilitas terhadap struktur modal, dan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and baverages yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013.

Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling jenis judgement sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 15 perusahaan food and baverages yang listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2013. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi two stage. Analisis regresi two stage dugunakan karena untuk mengetahui pengaruh langsung antara variabel independen terhadap variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel growth tidak berpengaruh terhadap struktur modal, variabel tax rate dan profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap struktur modal, dan variabel tangibility berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap struktur modal. Sedangkan struktur modal berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap struktur modal.

 

Kata Kunci : growth, tax rate, tangibility, profitabilitas, struktur modal, nilai perusahaan.




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.