ANALISIS PENGARUH HARGA, CITRA MERK, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MERK SAMSUNG

Dicky Fariz Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone samsung, pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone samsung; dan  atribut produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.

Responden diambil dengan metode nonprobability menggunakan teknik quota sampling sebanyak 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Variabel harga diukur dengan dimensi keterjangkauan, keesuaian harga dengan kualitas, kesesuaian hargadan manfaat, dan harga bersaing. Dimensi citra merk adalah citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk. Dimensi atribut produk adalah kualitas, fitur, dan desain. Dimensi keputusan pembelian adalah prioritas pembelian, sesuai kebutuhan, dan pencarian informasi. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda model ordinary least square (OLS) yang memenuhi syarat asumsi klasik.

Hasil dari uji linier berganda menghasilkan nilai koefisien determinasi dari regresi 0,539. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan citra merek dan atribut produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: citra merek, atribut produk, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.