ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN TELEVISI DJARUM BAKTI PENDIDIKAN VERSI BENIH BERKUALITAS MENGGUNAKAN EPIC MODEL (Studi Pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Iklan merupakan salah satu alat media yang efektif untuk menarik perhatian calon konsumen.Namu seperti yang diketahui bahwa menggunakan iklan khususnya iklan televisi sebagai media promosi mebutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga sangat disayangkan apabila iklan televisi yan telah digunakan ternyata tidak efektif untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu adanya analisis tentang efektifitas iklan televisi tersebut. Salah satu metode analisis efektifitas iklan yng bisa digunakan adalah EPIC Model. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas iklan televisi Djarum bakti pendidikan versi benih berkualitas menggunakan EPIC Model. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan Questionair sebagai alat pengumpulan datanya. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari Mahasiswa S-1 Brawijaya Malang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis Tabulasi sederhana dan Skor rat-rata menunjukkan semua dimensi yang diukur yaitu Emphaty, Persuasi, Impact, Communication masuk dalam rentang skor efektif. Dari penelitian pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang ini, maka diharapkan bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat iklan televisi yang selanjutnya agar hasil yang didapatkan bisa lebih efektif sesuai tujuan perusahaan.
Kata kunci : Iklan Televisi, Djarum bakti pendidikan, Empathy, persuasi, impact, communication
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.