PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JENANG MIRAH DI KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para produsen untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dalam hal ini peranan bauran pemasaran sangat penting karena kegiatan tersebut memberikan pengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan khususnya dalam memperoleh laba yang berasal dari transaksi penjualan. Jumlah transaksi penjualan sangat bergantung terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk untuk itu dibutuhkan strategi bauran pemasaran yang tepat. Dalam hal ini terdapat empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, harga, tempat dan promosi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terdapat keputusan konsumen dalam membeli produk jenang di Kabupaten Ponorogo.
Metode penelitian yang diguanakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Penelitian kausal mencoba membuktikan hubungan korelasional dan hubungan kausal suatu variabel dengan variabel lainnya. Pengambilan data utama menggunakan koesioner dengan pengambilan sampel sebanyak 120 responden yang diambil secara accidental sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analsis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahwa secara parsial maupun simultan variabel produk, harga, lokasi, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Diaman variabel produk memiliki pengaruh paling besar. Sedangkan secara simultan nilai Fhitung 22,544 lebih besar dari FTabel adalah 2,4472 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan secara simultan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh tersebut sebesar sebesar 44 %, sedangkan sisanya sebesar 56% dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Beberapa saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: pemilik harus dapat menjaga atau selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam memproduksi produk, memperhatikan variasi produk yang ditawarkan serta menggunakan kemasan produk yang menarik, memperhatikan bentuk dan informasi produk yang akan dipasarkan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).