PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JENANG MIRAH DI KABUPATEN PONOROGO

Rendy Tyo Novian

Abstract


Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para produsen untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dalam hal ini peranan bauran pemasaran sangat penting karena kegiatan tersebut memberikan pengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan khususnya dalam memperoleh laba yang berasal dari transaksi penjualan. Jumlah transaksi penjualan sangat bergantung terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk untuk itu dibutuhkan strategi bauran pemasaran yang tepat. Dalam hal ini terdapat empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, harga, tempat dan promosi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terdapat keputusan konsumen dalam membeli produk jenang di Kabupaten Ponorogo.

Metode penelitian yang diguanakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Penelitian kausal mencoba membuktikan hubungan korelasional dan hubungan kausal suatu variabel dengan variabel lainnya. Pengambilan data utama menggunakan koesioner dengan pengambilan sampel sebanyak 120 responden yang diambil secara accidental sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analsis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahwa secara parsial maupun simultan variabel produk, harga, lokasi, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Diaman variabel produk memiliki pengaruh paling besar. Sedangkan secara simultan nilai Fhitung 22,544 lebih besar dari FTabel adalah 2,4472 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan secara simultan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh tersebut sebesar sebesar 44 %, sedangkan sisanya sebesar 56% dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Beberapa saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: pemilik harus dapat menjaga atau selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam memproduksi produk, memperhatikan variasi produk yang ditawarkan serta menggunakan kemasan produk yang menarik, memperhatikan bentuk dan informasi produk yang akan dipasarkan.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.