PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN INTERNET TELKOM SPEEDY (Studi Pada Masyarakat Kota Pasuruan)

Tri Ari Wiranto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel Bauran promosi dan Atribut produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan Layanan Internet Telkom Speedy. variabel dari Bauran Promosi terdiri dari Periklanan (x1), Promosi penjualan (x2), Penjualan Pribadi (x3), Hubungan Masyarakat(x4), dan Pemasaran Langsung (x5) sedangkan variabel Atribut Produk terdiri dari variabel Mutu/kualitas(x6), layanan Pelengkap(x7), dan Merk(x8) sedangkan untuk Variabel Dependent menggunakan Keputusan Pembelian (y).

Penelitian ini termasuk jenis explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah diteteapkan. Penelitian ini dilakukan pada pengguna ISP Telkom speedy dengan jumlah responden sebesar 100 responden. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (Bauran promosi dan Atribut produk) terhadap variabel bebas (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi linier berganda, analisa uji t dan uji F. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh simultan dari variabel-variabel Bauran promosi dan Atribut Produk yang ditunjukkan pada hasil Sig. F adalah 0,000, sedangkan pengaruh secara parsial ditunjukan dengan periklanan (X1) Sig. t = 0,033,  variabel Promosi Penjualan (X2) Sig. t = 0,028, variabel penjualan pribadi (X3) Sig. t = 0,012, variabel hubungan Masyarakat (X4) Sig. t = 0,011, variabel Pemasaran Langsung(X5) Sig. t = 0,029, variabel Mutu(X6) Sig. t = 0,000,variabel layanan pelengkap (X7) Sig. t = 0,016, dan variabel Merk(X8) Sig. t = 0,001. Dan juga nilai koofesien determinasi (R2) sebesar 0,707 artinya, bahwa kemampuan model regresi dalam memprediksi nilai variabel adalah sebesar 70.7 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.

Pada Standardized Coeficient Beta nilai paling tinggi adalah Mutu/Kualitas sebesar 0,403, ini menunjukan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada penelitian ini.

Kata kunci : Variabel Bauran promosi, Atribut produk, Keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.