PENGARUH WORD OF MOUTH, KETIDAKPUASAN (DISSATISFACTION), FITUR PRODUK, DAN GAYA HIDUP (LIFESTYLE) TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK (BRAND SWITCHING) PRODUK SMARTPHONE BLACKBERRY (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

M. Firman Perdana, Dian Ari Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, ketidakpuasan (dissatisfaction), fitur produk, dan gaya hidup (lifestyle) terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) produk smartphone BlackBerry ke produk smartphone lain, baik secara simultan maupun secara parsial dan untuk mengetahui mana dari keempat variabel tersebut yang memiliki pengaruh dominan.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan sampel sebanyak 150 responden yang diambil dari populasi remaja umur 18-22 tahun di Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan produk BlackBerry kemudian melakukan perpindahan merek (brand switching) ke produk lain. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, variabel word of mouth, ketidakpuasan, fitur produk, dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) baik secara simultan dan parsial. Dari keempat variabel yang digunakan, variabel gaya hidup memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching).

 

Kata kunci: Word of Mouth, Ketidakpuasan (Dissatisfaction), Fitur Produk, Gaya hidup (Lifestyle), Perpindahan Merek (Brand Switching)


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.