PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK THE BODY SHOP DALAM FORUM FEMALE DAILY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap sikap
dan niat beli konsumen dalam Forum Female Daily dengan fokus produk The Body Shop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Pengambilan
sampel dengan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan
melalui kuesioner dengan skala model likert yang mengukur variabel eksogen (electronic word of
mouth) dan variabel endogen (sikap dan niat beli). Sampel yang digunakan adalah 160 responden
dari member Forum Female Daily pada thread The Body Shop yang belum pernah menggunakan
produk The Body Shop. Analisis data menggunakan analisis Partial Least Square yang berfungsi
untuk mengetahui korelasi antara indikator dengan konstruk dan korelasi antar konstruk serta
membuktikan hipotesis penelitian. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan program
SmartPLS3.
Hasil analisis diperoleh bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap sikap dan niat beli pada produk The Body Shop. Pengujian hipotesis untuk
pengaruh langsung menggunakan uji t menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap
niat beli, namun electronic word of mouth berpengaruh secara tidak signifikan terhadap niat beli.
Pengujian hipotesis untuk pengaruh tidak langsung menggunakan Sobel Test diperoleh bahwa
electronic word of mouth berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap niat beli
melalui sikap. Hasil Goodness of Fit dari predictive relevance (Q square) adalah sebesar 0,995
menunjukkan bahwa 99,5% keragaman data yang ada bisa dijelaskan dengan baik oleh model.
Sedangkan sisanya sebesar 0,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan
dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth, Sikap (Attitude), Niat Beli (Purchase Intention)
dan niat beli konsumen dalam Forum Female Daily dengan fokus produk The Body Shop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Pengambilan
sampel dengan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan
melalui kuesioner dengan skala model likert yang mengukur variabel eksogen (electronic word of
mouth) dan variabel endogen (sikap dan niat beli). Sampel yang digunakan adalah 160 responden
dari member Forum Female Daily pada thread The Body Shop yang belum pernah menggunakan
produk The Body Shop. Analisis data menggunakan analisis Partial Least Square yang berfungsi
untuk mengetahui korelasi antara indikator dengan konstruk dan korelasi antar konstruk serta
membuktikan hipotesis penelitian. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan program
SmartPLS3.
Hasil analisis diperoleh bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap sikap dan niat beli pada produk The Body Shop. Pengujian hipotesis untuk
pengaruh langsung menggunakan uji t menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap
niat beli, namun electronic word of mouth berpengaruh secara tidak signifikan terhadap niat beli.
Pengujian hipotesis untuk pengaruh tidak langsung menggunakan Sobel Test diperoleh bahwa
electronic word of mouth berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap niat beli
melalui sikap. Hasil Goodness of Fit dari predictive relevance (Q square) adalah sebesar 0,995
menunjukkan bahwa 99,5% keragaman data yang ada bisa dijelaskan dengan baik oleh model.
Sedangkan sisanya sebesar 0,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan
dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth, Sikap (Attitude), Niat Beli (Purchase Intention)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.