PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK THE BODY SHOP DALAM FORUM FEMALE DAILY

Sari Olivia Sinay, Ananda Sabil Hussein

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap sikap
dan  niat  beli  konsumen  dalam  Forum  Female  Daily  dengan  fokus  produk  The  Body  Shop.
Penelitian  ini menggunakan metode kuantitatif dengan  jenis penelitian  eksplanatori. Pengambilan
sampel dengan  teknik non probability sampling  jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan
melalui kuesioner dengan skala model  likert yang mengukur variabel eksogen  (electronic word of
mouth) dan variabel endogen  (sikap dan niat beli). Sampel yang digunakan adalah 160  responden
dari member Forum Female Daily pada  thread The Body Shop yang belum pernah menggunakan
produk The Body Shop. Analisis data menggunakan analisis Partial Least Square yang berfungsi
untuk  mengetahui  korelasi  antara  indikator  dengan  konstruk  dan  korelasi  antar  konstruk  serta
membuktikan  hipotesis  penelitian.  Seluruh  data  dianalisis  dengan  menggunakan  program
SmartPLS3.
Hasil  analisis  diperoleh  bahwa  electronic  word  of  mouth  memiliki  pengaruh  positif  dan
signifikan  terhadap  sikap  dan  niat  beli  pada  produk  The  Body  Shop.  Pengujian  hipotesis  untuk
pengaruh  langsung menggunakan  uji  t menunjukkan  bahwa   electronic word  of mouth memiliki
pengaruh positif dan  signifikan  terhadap  sikap,  sikap berpengaruh positif dan  signifikan  terhadap
niat beli, namun electronic word of mouth berpengaruh  secara  tidak  signifikan  terhadap niat beli.
Pengujian  hipotesis  untuk  pengaruh  tidak  langsung  menggunakan  Sobel  Test  diperoleh  bahwa
electronic word of mouth berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap niat beli
melalui  sikap. Hasil Goodness  of  Fit  dari  predictive  relevance  (Q  square)  adalah  sebesar  0,995
menunjukkan  bahwa  99,5%  keragaman  data  yang  ada  bisa  dijelaskan  dengan  baik  oleh  model.
Sedangkan sisanya sebesar 0,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan
dalam penelitian ini.    
Kata Kunci : Electronic Word Of  Mouth, Sikap (Attitude), Niat Beli (Purchase Intention)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.