Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan PT.Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang

Dewi Rachmawati, Lily Hendrasti Novadjaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari lingkungan kerja fisik  dan lingkungan kerja non fisik secara parsial maupun simultan, serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan PT.Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan) atau dikenal juga sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu lingkungan kerja fisik (X1) dan lingkungan kerja non fisik (X2) terhadap variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa cara, yaitu wawancara terhadap narasumber, kuesioner dan observasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 63 orang dari 176 orang. Jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin, Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas. Kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan uji t, uji F dan uji dominan.

 

Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan adalah variabel lingkungan kerja fisik (X1) dan lingkungan kerja non fisik (X2) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan (Y), selain itu variabel bebas yang memberikan pengaruh dominan terhadap variabel terikat adalah lingkungan kerja fisik (X1).

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.