Analisis Return On Asset, Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Nilai Kurs Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Mining Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia)

Odi Al Kautsar, Atim Djazuli

Abstract


Latar  belakang  dalam  penelitian  adalah  stabilnya  perekonomian  Indonesia disaat perekonomian dunia sedang tidak stabil. Perekonomian Indonesia tidak terlalu berdampak oleh fenomena tersebut karena mengandalkan ekonomi rumah tangga. Stabilnya perekonomian Indonesia menyebabkan banyaknya investor yang ingin menanamkan sahamnya pada perusahaan di Indonesia. Saham yang paling diminati di Bursa Efek Indonesia adalah saham perusahaan mining, karena memberikan return yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Earning Price Ratio,dan Price Earning Ratio terhadap Harga Saham pada perusahaan Mining yang go public di Bursa Efek Indonesia.

Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan uji F dan uji  t.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Data dikumpulkan melalui  analisis  laporan  keuangan  tahunan  perusahaaan  mining yang  terdapat  di Bursa Efek Indonesia. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan mining.

Berdasarkan  hasil  dari  penelitian  dan  pembahasan  terhadap  data  yang  ada, diperoleh temuan bahwa variabel earning per share (X2), dan price earning ratio (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel harga saham di perusahaan mining. Artinya kedua variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh terhadap harga saham di perusahaan mining. Variabel return on asset (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel harga saham di perusahaan mining. Artinya variabel tersebut merupakan beberapa faktor  yang belum cukup bukti untuk berpangaruh terhadap harga saham secara signifikan.

 

Kata Kunci: Return On Asset, Earning Per Share, Price Earning Ratio, Harga

Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.