PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI TERHADAP PILIHAN PROFESI DENGAN MINAT MENGIKUTI PELATIHAN BREVET PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya)
Abstract
ABSTRAK: Pelatihan brevet pajak merupakan salah satu cara utuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang pajak. Motivasi, persepsi dan pilihan profesi mahasiswa merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peminatan mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pelatihan brevet pajak di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 85 orang mahasiswa jurusan akuntansi. Sampel tersebut diperoleh menggunakan proportionate stratified random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan, secara parsial motivasi dan persepsi berpengaruh langsung terhadap minat mengikuti pelatihan brevet di Universitas Brawijaya. Motivasi berpengaruh tidak langsung terhadap pilihan profesi akuntan pemerintahan, sedangkan persepsi berpengaruh tidak langsung terhadap pilihan profesi akuntan pendidik melalui minat mengikuti pelatihan brevet di Universitas Brawijaya. Dan minat mengikuti pelatihan brevet di Universitas Brawijaya berpengaruh langsung terhadap pilihan profesi akuntan pendidik.
Â
Kata Kunci : minat , motivasi, persepsi, pilihan profesi, mahasiswa akuntansi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).