PENGARUH STRES KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PENGEMUDI DI PT. CITRA PERDANA KENDEDES)

Hardianti Dini Naradhipa, Misbahuddin Azzuhri Azzuhri

Abstract


Dalam mencapai tujuan perusahaan, sumber daya manusia merupakan salah satu hal penting untuk melaksanakan kegiatan yang ada di perusahaan. Pada pelaksanaannya, stres kerja dan motivasi kerja menjadi faktor yang mempengaruhi kinerja pada karyawan. Penelitian dilakukan di PT. Citra Perdana Kendedes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap motivasi kerja dan dampaknya terhadap kinerja karyawan pada pengemudi PT. Citra Perdana Kendedes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 182 orang yang ditentukan melalui metode Slovin.

Hasil penelitian menunjukkan stres kerja (X) secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi kerja (Z). Stres kerja (X) secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Motivasi kerja (Z) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara tidak langsung stres kerja (X) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) melalui motivasi (Z).

 

Kata kunci : Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.