PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA MELALUI KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA, JAWA TIMUR)

Moch Abdul Cholik, Bayu Ilham Pradana

Abstract


Dalam mencapai tujuan suatu perusahaan, sumber daya manusia merupakan salah satu hal penting untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan. Pada pelaksaannya, karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung karakteristk pekerjaan terhadap kepuasan kerja, pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap prestasi kerja, pengaruh langsung karakteristik pekerjaan terhadap prestasi kerja, dan pengaruh tidak langsung karakteristik pekerjaan terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja karyawan. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory research. Dari 60 kuesioner yang didistribusikan, sebanyak 50 kuesioner yang kembali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisoner diukur dengan skala likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, (2) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Prestasi Kerja Karyawan, (3) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Prestasi Kerja Karyawan, (4) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Prestasi Kerja melalui Kepuasan Kerja Karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya telah menerapkan dengan baik karakteristik pekerjaan sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan dan prestasi kerja.

 

Kata kunci: Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.