ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) (STUDI PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009 - 2013)

Riska Napitupulu, Sumi ati

Abstract


Penelitian   ini   bersifat   deskriptif   kuantitatif   yang   bertujuan   untuk menganalisis dan mengggambarkan kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI dengan menggunakan pendekatan economic value added (EVA) dan market value added (MVA).

Jenis data  yang  digunakan dalam penelitian  ini  adalah data kuantitatif

yaitu jenis data yang berupa angka-angka dan dapat dihitung secara signifikan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari sumber data yang telah ada dan tidak perlu dikumpulkan peneliti. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari www.idx.com .

Hasil penelitian pada PT  Telekomunikasi Indonesia Tbk  dan    PT  XL Axiata  Tbk  pada  tahun  2009-2013  mempunyai  nilai  Economic  Value  Added (EVA) dan Market Value Added (MVA)  yang  setiap tahunnya memiliki nilai positif.

Pengukuran Kinerja dengan menggunakan pendekatan Economic Value Added (EVA) menghasilkan positif artinya perusahaan mampu menciptakan nilai tambah ekonomis bagi perusahaan.

Penilaian  kinerja   dengan   pendekatan  Market   Value   Added (MVA)

memiliki nilai yang positif berarti manajemen perusahaan mampu memberi nilai tambah   bagi   perusahaan   dan   para   pemegang   saham,   perusahaan   mampu memenuhi harapan   investor untuk memperoleh pengembalian lebih dari modal yang ditanamkan.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA)



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.