“PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS : JKT48 PADA IKLAN POCARI SWEAT DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG”

Dewi Putri Ayu Permata Sari, Risca Fitri Ayuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser yang terdiri dari kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk terhadap brand awareness pada siswa-siswi SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang mengukur variabel-variabel celebrity endorser yang terdiri dari kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk terhadap brand awareness sesuai dengan teori Shimp.

Hasil analisis mendapatkan bahwa kelima faktor yaitu kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Variabel kredibilitas celebrity endorser merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan dalam brand awareness. Angka R Square sebesar 0,765 menunjukkan bahwa 76,5% variasi brand awareness bisa dijelaskan oleh kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 23,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kredibilitas Celebrity Endorser, Daya Tarik Celebrity Endorser, Keahlian Celebrity Endorser, Kepercayaan Celebrity Endorser, Kecocokan Celebrity Endorser dengan Produk dan Brand Awareness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.