PENGARUH TOTAL DEBT EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, EARNING PER SHARE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013)

Siti Fahriyah, Har Lendro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  faktor fundamental  perusahaan yang  dapat  mempengaruhi  harga  saham.  Variabel  fundamental  yang digunakan untuk memprediksi harga saham di masa mendatang terdiri dari Total Debt Equity Ratio (DER),  Return  On  Equity (ROE),  Earning  Per  Share (EPS),  dan  Price Earning Ratio (PER). Obyek penelitian pada perusahaan food and beverages yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013.

Penelitian   ini  adalah   jenis   penelitian   eksplanatori   yaitu   menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Besar sampel 12 perusahaan Food and Beverages yang diambil dengan teknik Purposive Sample. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  Total  Debt  Equity  Ratio (DER), Return  On  Equity (ROE),  Earning  Per  Share (EPS),  dan  Price  Earning  Ratio (PER)   secara   bersama-sama   berpengaruh   signifikan   terhadap   harga   saham. Sedangkan secara parsial mempunyai pengaruh yang berbeda dimana Return On Equity (ROE)   dan  Earning   Per  Share (EPS)   mempunyai   pengaruh   positif signifikan  terhadap  harga  saham,  Total  Debt  Equity  Ratio (DER)  berpengaruh negatif signifikan dan Price Earning Ratio (PER) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci: Faktor Fundamental, Harga Saham, Total Debt Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.