PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO TECHNO 125 PGM FI DI KOTA MALANG

Geri Rinaldi, Agung Yuniarinto

Abstract


Kebutuhan berkendara yang lebih praktis membuat tren permintaan kendaraan roda dua beralih kejenis motor tanpa persneling alias matic. Pangsa pasar sepeda motor jenis metic menjadi salah satu yang diandalkan oleh dealer-dealer motor pada tahun 2012 ini, kian besarnya animo masyarakat terhadap motor matic, membuat persaingan pasar kian semarak dengan varian-varian baru yang dimunculkan. Di kota Malang, penjualan sepeda motor segmen skuter otometik Honda pada tahun 2011 mencapai 2.381.926 unit. Honda Vario Techno 125 PGM FI berhasil mendominasi dengan pangsa pasar lebih dari 80%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan dominan atribut produk yang meliputi kualitas produk, fitur produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Honda Vario Techno 125 PGM FI  di Kota Malang. Pada penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen sepeda motor skuter otomatik Honda Vario Techno 125 PGM FI yang tersebar di 5 dealer di Kota Malang. Karena jumlah populasi tidak dapat diketahui secara pasti, maka besarnya sampel ditentukan dengan mengkalikan 25 dengan variabel independen. Berdasarkan ketentuan tersebut maka besarnya sampel yang digunakan adalah 3 X 25 = 75 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dalam teknik ini, responden yang dijadikan sampel adalah para konsumen yang ditemui pada saat melakukan service sepeda motor honda Vario Techno, Pemilik sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM FI dan sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM FI dibeli antara bulan Januari sampai Juli 2012 dan Batasan usia adalah ≥17 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.

Berdasarkan hasil uji analisis regresi berganda yang telah dilakukan, dihasilkan koefisien regresi pada variabel kualitas produk, fitur produk dan desain produk memiliki hubungan yang searah, yang artinya semakin baik kualitas produk, fitur produk dan desain produk Honda Vario Techno 125 PGM FI maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk, fitur produk dan desain produk memiliki pengaruh secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario techno. Berdasarkan hasil uji secara dominan, ditemukan bahwa kualitas produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Honda Vario Techno 125 PGM FI di Kota Malang

Beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah PT Astra Honda Motor perlu memberi perhatian seksama terhadap kualitas produk Honda Vario Techno 125 PGM FI. Untuk itu, kualitas produk yang ada perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, misalnya meningkatkan kualitas mesin agar lebih irit bahan bakar dan meningkatkan kualitas suku cadang Honda Vario Techno 125 PGM FI, merancang inovasi-inovasi baru berkaitan dengan fitur dan desain produk Honda Vario Techno 125 PGM FI dengan mempertimbangkan pasar anak muda. Bagi penelitian selanjutnya, perlu ditambahkan lagi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti harga dan promosi dan perlu mengkaji loyalitas konsumen pada sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM FI.

 

 

Kata kunci : kualitas produk, fitur produk, desain produk dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.