DAMPAK PENERAPAN PP NO. 46 TAHUH 2013 TERHADAP PAJAK PENGHASILAN TERUTANG DAN LABA RUGI KOPERASI (Studi Kasus Pada Kopkar Dharma Husada Trenggalek)

Meiliana Wiji Lestari, Jimmy Andrianus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan PP No. 46 tahun 2013 terhadap pajak penghasilan terutang dan laba rugi koperasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil salah satu koperasi yang mengalami perubahan tarif menggunakan PP No. 46 Tahun 2013, dengan menggunakan data berupa laporan laba rugi koperasi untuk tahun buku 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi karyawan Dharmada dirugikan dengan penerapan PP No. 46 tahun 2013. Besarnya pajak penghasilan terutang koperasi lebih besar jika menggunakan tarif 1% dari omset dibandingkan dengan penggunaan tarif tunggal 25% sesuai Undang-Undang No. 36 tahun 2008. Laba yang diperoleh koperasi mengalami penurunan akibat perubahan tarif ini karena pajak terutangnya yang lebih besar. Sehingga juga akan berpengaruh pada SHU yang dibagikan. Namun, koperasi lebih dimudahkan dengan kesederhanaan perhitungan dan administrasi yang diterapkan untuk pengenaan pajak penghasilan yang bersifat final ini.

Kata kunci : PP No. 46 tahun 2013, Undang-Undang No. 36 Tahun 2008, pajak penghasilan terutang, pajak penghasilan final, laba rugi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.