PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN JUMLAH RAPAT DEWAN KOMISARIS TERHADAP STRUKTUR MODAL

Faumana Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris terhadap struktur modal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah mekanisme corporate governance dengan indikator kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, dan jumlah rapat dewan komisaris. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah struktur modal yang diukur dengan debt to equity ratio.

Jenis penelitian ini adalah hypothesis testing. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek selama periode 2011-2012. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh (sensus) dan diperoleh 42 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2011-2012. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, terbukti bahwa (1) kepemilikan institusional berpengaruh terhadap struktur modal. (2) kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap struktur modal. (3) ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap struktur modal. (4) rapat dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap struktur modal.

Penelitian ini menemukan bahwa struktur modal mempengaruhi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris secara signifikan dikarenakan ikut berperan aktif dan berjalan secara efektif dalam pelaksanaannya serta secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat hutang secara optimal. Jumlah rapat dewan komisaris dalam penelitian ini tidak mempengaruhi dikarenakan kurang adanya media/forum komunikasi dalam bentuk rapat yang dilakukan oleh dewan komisaris, sehingga bisa saja terjadi karena pada saat rapat dewan komisaris belum dapat bertanggung jawab untuk menentukan apakah manajemen telah memenuhi tanggung jawab mereka dalam mengurangi agency cost dan menyelenggarakan pengendalian intern khususnya dalam meminimalisir penggunaan hutang dalam struktur modal dan pengendalian corporate governance.

Kata kunci: struktur modal, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, rapat dewan komisaris.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.