ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI (Periode Tahun 2009-2014)

Suristika Melindhar, Siti Aisjah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada perusahaango public yang terdaftar di BEI sebelum dan sesudah akuisisi.Alasan suatuperusahaan melakukan akuisisi adalah untuk mendapatkan nilai tambah yangbersifat jangka panjang. Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangantersebut adalah rasio likuiditas (CR dan QR), rasio aktivitas (TATO), rasio leverage(DER dan DAR), rasio profitabilitas (ROA dan ROE), dan rasio pasar (EPS). Carapengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu teknikpenentuan sampel apabila semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel padapenelitian ini yaitu PT. Berau Coal Energy Tbk, PT. Sorini Agro Asia CorpindoTbk, dan PT. Charoen Pokphand Jaya Form, Tbk dengan periode pengamatan tahun2009-2014. Berdasarkan teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu, peneliti tertarikuntuk meneliti pengaruh akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan go public diIndonesia. Dalam melaksanakan penelitian ini, yang dijadikan obyek penelitianadalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yangmelakukan aktivitas akuisisi pada tahun 2011, dengan analisis dua tahun sebelumakuisisi (tahun 2009 dan 2010), serta dua tahun sesudah akuisisi (tahun 2012 dan2013). Pertimbangan pemilihan perusahaan go public adalah ketersediaan datauntuk melakukan penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan sesudahakuisisi mengalami peningkatan yang cukup signifikan namun juga mengalamipenurunan dibandingkan sebelum melakukan akuisisi. Hal ini terlihat dari rasioTATO, ROA, ROE, dan EPS yang cenderung mengalami penurunan dibandingkansebelum akuisisi dikarenakan PT. Berau Coal Energy, Tbk mengalami kerugianpasca melakukan akuisisi. Sedangkan rasio CR, QR, DER,dan DAR cenderungmengalami peningkatan sesudah akuisisi dibandingkan sebelum melakukan akuisisi.

Kata kunci : kinerja keuangan, akuisisi, rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasioleverage, rasio profitabilitas, rasio pasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.