HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus pada Peserta KB di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)

Febi Nurandini

Abstract


Masalah kependudukan merupakan masalah jangka panjang sehingga penanggulangannya dilaksanakan secara berkesinambungan. Meskipun pembangunan di bidang kependudukan telah mencapai berbagai keberhasilan, tetapi masih terdapat beberapa masalah yaitu: masih tingginya laju pertumbuhan penduduk, struktur umur penduduk yang kurang menguntungkan, tingkat kematian bayi tinggi dan persebaran yang belum merata. Laju pertumbuhan penduduk dipengaruhi .oleh tingkat kelahiran, di samping tingkat kematian, oleh karena itu salah satu usaha untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk adalah melalui upaya penurunan tingkat kelahiran. Upaya pemerintah untuk menahan ledakan penduduk tersebut yaitu dengan suatu program yang dikenal dengan istilah Keluarga Berencana (KB). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis variabel – variabel yang diduga mempengaruhi keikutsertaan dalam ber KB. Variable independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendapatan PUS, Pendidikan, Umur, Jumlah Konsumsi dan Pekerjaan. Sedangkan variable dependen yang digunakan adalah lama menjadi peserta KB. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dengan menggunakan teknik ini dapat dianalisis dengan menggunakan Pengujian Model Regresi yang teriri dari tiga pengujian yaitu uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa dari hasil uji F diperoleh kesimpulan bahwa secara bersama – sama terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan PUS, pendidikan, umur, jumlah konsumsi dan pekerjaan terhadap lama menjadi peserta keluarga berencana (KB). Dari hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa secara individual terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan, umur, dan pekerjaan terhadap lama menjadi peserta keluarga berencana, sedangkan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara pendapatan PUS dan jumlah konsumsi terhadap lama menjadi peserta KB.

Kata Kunci : Keluarga Berencana (KB), factor social ekonomi, program kependudukan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.