ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY SEBAGAI KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE DI KOTA MALANG

Yohanes Lewi Ebenezer Hutabarat, Sugeng Pinando

Abstract


Pada zaman sekarang ini telepon genggam sudah menjadi kebutuhan bagi manusia, berdasarkan survei yang sudah dilakukan hampir seluruh umat manusia di dunia memiliki telepon genggam bahkan ada yang memiliki lebih dari satu. iPhone merupakan salah satu merek telepon genggam yang saat ini menjadi produk telepon genggam dengan kualitas terbaik. Dapat dikatakan bahwa iPhone adalah pemimpin pasar untuk pasar telepon genggam, meskipun harga jual yang tinggi tidak mengurangi minat konsumen untuk menggunakan produk iPhone karena kualitas yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Di Indonesia iPhone juga menjadi salah satu produk telepon genggam dengan nilai penjualan tertinggi. Karena banyaknya pengguna iPhone di Indonesia beberapa konsumen mendirikan suatu komunitas yang berkumpul berdasarkan kesukaan para konsumen terhadap produk iPhone. Kumpulan konsumen yang berkumpul atas dasar kecintaan pada suatu merek tersebut dinamakan brand community. Salah satu brand community yang menjadikan iPhone sebagai merek konsumsi adalah komunitas IphoneMalang. IphoneMalang merupakan tempat berkumpulnya konsumen produk iPhone yang ingin bergabung dalam suatu komunitas. Dengan berkumpulnya komunitas ini apakah dapat menjadi kelompok acuan yang berpengaruh bagi anggota komunitas terhadap keputusan pembelian produk iPhone di Kota Malang, hal tersebut yang menjadi bahasan peneliti pada penelitian skripsi ini.

Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Komunitas IphoneMalang menjadi obyek penelitian, dengan melakukan observasi dan menyebar kuesioner sebagai cara pengumpulan data primer didukung dengan studi pustaka untuk data sekunder. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan data dari hasil kuesioner dengan menggunakan skala likert lalu diolah menggunakan program SPSS.

Komunitas IphoneMalang cukup berpengaruh sebagai kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk iPhone bagi anggota komunitas. Faktor keluarga, kelas sosial, ritual dan tradisi menjadi beberapa contoh faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dari anggota komunitas. Tetapi mungkin jika produsen dari iPhone lebih meningkatkan kesadaran bahwa sebuah brand community mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian dampak pengaruh yang ditimbulkan akan lebih tinggi dari yang sudah ada. Produsen mungkin dapat mengatur strategi untuk lebih membuat suatu brand community menjadi sesuatu target pasar yang lebih besar lagi.

 

Kata Kunci: Brand community, kelompok acuan, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.