PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL(Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)

Rina Nirmala Thahir, Har lendro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas,struktur aktiva,likuditas, dan  ukuran  perusahaan  terhadap  struktur  modal  pada  perusahaan  Pertambangan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan). yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara  variabel-variabel  melalui  pengujian  hipotesa.  Data  dikumpulkan  melalui  analisis laporan keuangan tahunan perusahaaan pertambangan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia perwakilan Universitas Brawijaya Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan pertambangan.  Untuk  menguji  hipotesis  yang  diajukan  dalam  penelitian  ini  digunakan analisis regresi berganda.

 

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diperoleh temuan bahwa variabel profitabilitas (X1) berpengaruh tidak signifikan dengan arah yang negatif.  Artinya  perusahaan  pertambangan  yang  profitable  lebih  memilih  menggunakan modal sendiri daripada menggunakan hutang jangka panjang. Sedangkan variabel Likuiditas (X3) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif. Variabel Struktur aktiva(X2) dan variabel Ukuran Perusahaan (X4) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif., dan Struktur Aktiva merupakan variabel yang paling dominan terhadap struktur modal karena memiliki nilai beta tertinggi.

 

Kata  Kunci: Struktur  Modal,    Profitabilitas,  Struktur  Aktiva,  Likuiditas,  dan  Ukuran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.