Economic Value Added dan Market Value Added Sebagai Pengukur Kinerja Keuangan PT.Semen Indonesia Persero Tbk Tahun 2013-2014

Robertha Febriani, Agung Nugroho Adi

Abstract


Keadaan krisis dunia terjadi tahun 2008 yang disebabkan oleh subprime mortgage yang disekuritisasi kedalam bentuk  sekuritas lain ekonomi sehingga menyebabkan pelemahan ekonomi ke berbagai negara lain namun Indonesia tidak mengalami kelemahan ekonomi karena pertumbuhan ekonomi indonesia tahun 2013 sebesar 5,9% dan  memberikan dampak pada pertumbuhan pada beberapa sektor industri  salah satunya sektor Industri Semen yaitu PT.Semen Indonesia Tbk.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kinerja keuangan PT.Semen Indonesia Tbk periode 2013-2014 menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added. Memilih objek penelitian PT.Semen Indonesia Tbk dikarenakan pada tahun 2013 melakukan akuisisi dengan perusahaan semen nasional yaitu PT.Semen Gresik Tbk, PT.Semen Padang, PT.semen Tonasa dan semen Thang Long Vietnam

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu fenomena. Penelitian ini hanya fokus pada satu obyek saja yaitu PT.Semen Indonesia Tbk.

Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, Hasil yang diperoleh PT.Semen Indonesia Tbk Tahun 2013-2014 menghasilkan nilai EVA dan MVA yang positif di setiap tahunnya. Maka dapat diketahui bahwa nilai EVA dan MVA yang terendah terjadi pada tahun 2013.

Kata kunci : EVA, MVA dan Kinerja Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.