PENGARUH MODAL USAHA, JUMLAH TENAGA KERJA, DAN MODAL USAHA TERHADAP PENDAPATAN INDUSTRI KECIL (Studi Kasus pada Industri Mebel di Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang)

Annisa Saputri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal pengusaha, jumlah tenaga kerja, lama usaha dan jumlah produksi terhadap pendapatan pengusaha pada sentra industri mwbel Keluraha Tunjung Sekar Kota Malang. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi kepustakaan dan juga dokumentasi. Alat uji yang digunakan dengan analisis regresi berganda ,analisis koefisien regresi, koefisien determinasi dengan pengujian secara parsial dan secara simultan.

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui 5(lima) cara, yaitu wawancara terhadap narasumber, kuesioner, observasi, penelitian kepustakaan dan dokumentasi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32  responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh modal pengusaha, jumlah tenaga kerja,lama usaha dan jumlah produksi terhadap pendapatan pengusaha pada sentra industri mebel Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang. Dari hasil pengujian signifikansi terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) variabel modal usaha, jumlah tenaga kerja, dan lama usaha  terhadap pendapatan pengusaha. Sedangkan berdasarkan pengujian parsial terdapat pengaruh signifikan pada modal pengusaha, lama usaha dan jumlah produksi, dan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel jumlah tenaga kerja. Dan variabel independen yang paling dominan mempengaruhi variabel pendapatan pengusaha adalah variabel lama usaha.


Kata kunci : Modal Usaha, Jumlah Tenaga Kerja, dan Lama Usaha.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.