Analisa Perumusan Strategi Bersaing Pada PT. Buanakarya Adi Mandiri Pengembang Perumahan Permata Jingga Kota Malang

Yudha Dariyanto, Fatchur Rohman

Abstract


Perubahan lingkungan dan persaingan merupakan suatu faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan peluang atau ancaman terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan baik lingkungan eksternal maupun internal pada PT. Buanakarya Adi Mandiri Malang, sehingga dapat ditentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang, dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan eksternal maupun internal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, hambatan, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis Rasio, EFE, IFE, Matriks SWOT, Matriks IE (Internal-Eksternal) dan Matriks Space.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap PT. Buanakarya Adi Mandiri, strategi yang sesuai adalah kombinasi antara market penetration strategy dan product development strategy. Dimana pada strategi penetrasi pasar pengembang akan meningkatkan market share suatu produk dengan meningkatkan tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dan usaha promosi lainnya. Dan pada strategi pengembangan produk, pengembang akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usahanya untuk meningkatkan atau memodifikasi  produk yang memiliki konsep berbeda dan lebih baik dibanding pesaing dan dengan harga yang bersaing.

Untuk menjabarkan strategi yang telah dirumuskan, maka perlu dibuat suatu kebijaksanaan fungsional, kebijakan ini meliputi kebijaksanaan manajemen, pemasaran, produksi, keuangan, ekonomi, demografi, pasar, dan persaingan.

 

Kata Kunci: Strategi, faktor internal, faktor eksternal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.