PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

Authors

  • Athifah Hanun
  • Kusuma Ratnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014 baik secara parsial maupun simultan. Sampel perusahaan ini mencakup 35 perusahaan yang dipilih melalui teknik sensus. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan di BEI yang telah lolos uji asumsi klasik dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan struktur modal dengan nilai R2 sebesar 50,8%. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan struktur modal, sementara variabel pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan struktur modal.

 

Kata kunci:  Struktur modal, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur aktiva, ukuran perusahaan.

Downloads

Published

2016-04-08

Issue

Section

S1 MANAJEMEN