ANALISIS PERAN KOMUNITAS MEREK DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MEREK ANGGOTA (Studi Pada Komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Malang)

DEKA EKO PRADA, Yusuf Risanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Malang dalam meningkatkan loyalitas anggota komunitas pada merek Chelsea FC. Dengan memahami bagaimana budaya dan tradisi yang tercipta dalam komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Malang, serta bagaimana kegiatan keseharian komunitas maka dapat diketahui peranan komunitas merek dalam meningkatkan loyalitas merek. Pendekatan penelitian ang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomonologi dikarenakan peneliti ingin mengungkapakan berbagai makna yang  tercipta  didalam  komunitas.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  adanya  peran komunitas merek Chelsea FC dalam meningkatkan loyalitas merek anggota pada Chelsea FC. Berbagai hal ini dibuktikan dengan pembelian secara kontinyu berbagai produk Chelsea FC serta tercipta tradisi dan budaya yang mendukung loyalitas pada merek Chelsea FC.

 

Kata kunci : Komunitas merek, loyalitas merek, nobar, chants


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.