Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Pengguna Internet Banking (Studi Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri)

Enta Agustina, Yusuf Risanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap pengguna Internet Banking.  Jenis  penelitian  adalah  penelitian  eksplanatori.  Populasi  penelitian adalah nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri yang menggunakan Internet Banking. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non- Probabbility  Sampling berdasarkan pendapat Roscoe, sebanyak 100 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen dalam penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi kegunaan, Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap sikap pengguna Internet banking. Oleh karena itu, penting bagi pihak perbankan khususnya PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri untuk   membentuk   kepercayaan   nasabah   dan   memberikan   manfaat   serta kemudahan kepada nasabah pengguna Internet banking agar sikap nasabah dalam menggunakan Internet banking membentuk sikap yang positif.

 

Kata Kunci : Kepercayaan,   Persepsi    Kegunaan,    Persepsi    Kemudahan

Penggunaan, dan Sikap Pengguna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.